Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknolgi Jaringan 4G LTE: Spesifikasi, Keunggulan

Teknolgi Jaringan 4G LTE: Spesifikasi, Keunggulan4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB. Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.

  • Apa Itu 4G LTE
Long Term Evolution atau LTE merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya ini tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

Untuk generasi pertama atau yang biasa disebut G atau 1G, jaringan ini mampu memberikan kecepatan internet hingga 14.4 kbps. Sementara untuk generasi kedua atau 2G, digunakan untuk jaringan TDMA dan CDMA dengan kecepatan 9 – 14 kbps. Selanjutnya adalah teknologi 2.5G, yang mendukung jaringan GPRS dan EDGE, membuat internetan makin cepat dengan kekuatan 20 – 40 kbps.

Kemudian muncullah generasi ketiga atau 3G, untuk jaringan CDMA, EV-DO, UMTS, dan EDGE. Kecepatannya pun semakin tinggi, hingga 500 – 700 kbps. Teknologi ini kemudian secara perlahan diganti oleh 3,5G dengan jaringan HSDPA yang punya kecepatan hingga 7,2 Mbps.

Dan yang terakhir, atau yang paling mutakhir adalah teknologi generasi 4G, atau Digital broadband packet data all IP untuk jaringan Wi-Fi, WiMax, dan LTE. 

perbedaan paling jelas antara jaringan 3G dengan 4G adalah dalam hal kecepatan, dimana internet generasi 4G terbilang cepat mencapai 185 Mbps untuk mengunduh dan 41 mbps untuk mengunggah file. 

  • Spesifikasi 4G
Jaringan 4G secara spesifik diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi pula.

Jaringan ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat.

International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.

4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam.

  • Kelemahan 4G
Harga memang menjadi salah satu pertimbangan. Smartphone berteknologi 4G hingga kini masih di kisaran harga yang cukup fantastis. Masalah berikutnya adalah jangkauan area. Bahkan di AS sendiri, banyak area yang belum ter-cover oleh sinyal 4G.

Masalah terakhir adalah dalam hal baterai. 4G memang cepat, tapi memerlukan sinyal yang kuat untuk bekerja, dan ini memakan banyak tenaga. Saat ini di wilayah-wilayah dimana 4G bisa digunakan, smartphone dengan teknologi tersebut ‘berjuang’ untuk bisa bertahan menyala selama sehari dalam area 4G. Akan tetapi untunglah beberapa smartphone memiliki teknologi untuk menjadikan ponsel tersebut tetap berjalan hanya menggunakan sinyal 3G saja.

Pengaplikasian 4G di Indonesia
  • Sitra WiMAX

Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama berbasis WiMAX yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di Indonesia pada bulan Juni 2010.
  • Telkomsel 4G LTE

Selama konferensi APEC pada tanggal 1–8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE. Jaringan Telkomsel 4G LTE dioperasikan pada frekuensi 1800 MHz.
  • Bolt Super 4G LTE

Bolt Super 4G LTE merupakan merek dagang dari PT. Internux yang menyediakan layanan 4G LTE sejak 14 November 2013. Area layanan yang dijangkau untuk pertama kali adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan potensi pasar sekitar 30 juta orang.
  • XL HotRod 4G LTE

XL Axiata melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City dan Graha XL pada 28 Oktober 2014.
  • Indosat Super 4G-LTE

Indosat melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di daerah sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada 20 November 2014 dengan menggunakan media BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Super 4G-LTE diklaim dapat mencapai 185 Mbps download dan 41 Mbps upload.
  • Smartfren 4G LTE

Smartfren menargetkan tahun ini jumlah BTS bertambah dari 6.000 menjadi 10.000. Untuk jaringan, Smartfren menggandeng vendor Nokia dan ZTE. 

Posting Komentar untuk "Teknolgi Jaringan 4G LTE: Spesifikasi, Keunggulan"