Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan - Ikan Ini Memiliki Keunikan Dibandingkan Dengan Ikan Lainnya, Bisa Panjat Pohon?

Ikan merupakan secara umum sebagai hewan yang hidup di air, bertulang belakang, poikiloterm, bergerak dengan menggunakan sirp, bernafas dengan insang, dan memiliki gurat sisi (linea lateralis) sebagai organ keseimbangannya. Ikan adalah hewan yang hidup didalam air, mereka dapat bernafas didalam air karena insang yang mereka miliki. Pisces dapat ditemukan di air tawar (danau dan sungai) maupun air asin (laut dan samudra). Pisces merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu air ditempat dia hidup. Namun berapa ikan ini memiliki keunikan dibandingan dengan ikan pada umumnya, bisa hidup tanpa air, bisa panjat pohon, dan bisa panjant tebing. 
  • Ikan Tembakul Senang di Darat dan Panjat Pohon

Ikan tembakul adalah sejenis ikan yang dapat hidup di daratan, terutama di daerah berlumpur, di muara, atau rawa-rawa di hutan bakau. Ikan ini biasa terdapat di daerah tropis. Panjang tubuhnya antara 5 sampai 15 cm. Bentuknya khas dengan mata menonjol serta sirip belakang yang unik. Keahliannya selain dapat bertahan hidup lama di darat, juga dapat memanjat pohon, bahkan melompat jauh Karena bisa hidup di air dan darat, ikan ini Punya cara bernapas yang khusus. Di dalam air bernapas dengan insangnya seperti ikan biasa. Namun, tembakul tidak bisa tinggal di dalam air untuk jangka waktu yang lama. Tembakul lebih banyak tinggal di luar air. Ikan ini akan mengisi insangnya dengan campuran udara dan air saat di air, sebelum keluar ke permukaan air. Insangnya berfungsi sebagai tangki oksigen, sehingga darahnya tetap mendapatkan oksigen saat berada di darat.
  • Ikan Pemanjat Tebing

Mendengar ikan bisa memanjat tebing sepertinya aneh, ya? Hebatnya, ikan ini mampu memanjat tebing menggunakan sirip yang khas di badannya. Gerakan merayapnya menjadi lebih bagus karena bagian luar kepala dan ekornya dilapisi kulit yang keras. Ikan pemanjat tebing ditemukan oleh Scott Schaeter dari Museum Sejarah Nasional Amerika di pedalaman hutan tropis Venezuela, Amerika Selatan. Bentuk ikan yang mirip ikan sapu-sapu diberi nama Lithogenes wahari. Ikan tersebut mampu memanjat dinding bebatuan tebing tinggi di sekitar air terjun dengan mulut dan siripnya.
  • Ikan Bisa Hidup Tanpa Air

Hampir semua ikan hidup di dalam air. Namun, ternyata ada ikan yang bisa hidup tanpa air. Ikan itu bernama ikan Mangrove Rivulus. Ikan air tawar ini hidup di rawa-rawa dan pinggir sungai. Seorang peneliti bernama Scott Taylor asal Florida, Amerika Serikat telah menemukan spesies ikan unik ini di Belize, Amerika Tengah. Ikan Mangrove Rivulus dengan ukuran 7,5 cm ini mampu bertahan tanpa air hingga 2 bulan, saat air di rawa-rawa mengalami kekeringan. Ikan ini bisa bernafas dengan kulit, bersembunyi di lubang-lubang di tanah, atau bahkan kaleng minuman tempurung kelapa. Bahkan, bisa melakukan reproduksi sendiri tanpa kawin, setiap ikan memiliki testis sekaligus ovarium, atau biasa disebut Partenogenesis.
  • Si Ikan Penembak Jitu

Sumber: gagdaily.com
Tahukah kamu, ternyata ada ikan yang bisa menembak? Ikan penembak dengan Panjang 15 cm ini bernama Archer Fish, yang hidup di muara sungai berair tawar. Archer Fish bisa menembakan air dari mulutnya dengan tepat mengenai serangga seperti: lalat, semut, atau belalang Air dalam mulut Archer Fish diluncurkan dengan menekan insang, lalu air mengalir lewat saluran rongga mulut, kemudian melesatkan air itu keluar mulut hingga mencapai jarak 1,5 meter dengan sudut ketinggian 45° hingga 110°. Namun, apabila serangganya cukup dekat, ikan tidak perlu menembak, hanya melompat keluar dari air dan menangkap serangga dengan mulutnya. 
  • Blow Fish, Si Ikan Lucu Tapi Beracun

Bentuk ikan laut ini tergolong unik. ia bisa mengembangkan tubuhnya seperti balon tiup. Makanya, ikan ini dijuluki Blow fish. Ikan buntal lambat. Memiliki perut elastis seperti karet. Ikan buntal akan menggelembung saat menghadapi Predator Pemangsa Ikan Buntal, meskipun menjadi makanan di Jepang (fugu), juga sangat beracun. Ikan ini berisi tetrodotoxin, racun yang sampai 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida dan fatal bagi manusia. Bahkan, seekor ikan buntal dilengkapi dengan racun yang cukup untuk melumpuhkan 30 manusia dewasa.

1 komentar untuk "Ikan - Ikan Ini Memiliki Keunikan Dibandingkan Dengan Ikan Lainnya, Bisa Panjat Pohon?"

  1. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2PCSHxk

    BalasHapus

Posting Komentar